Sejak Kapan Manusia Tahu Bahwa Bumi Itu Bulat?


Jawaban yang paling mungkin adalah Christopher Columbus pada tahun 1500-an. Tapi mungkin bukan dia. Columbus berlayar menjelajah samudra raya untuk membuktikan bahwa bumi itu bulat ; berarti pada waktu itu ada anggapan atau pendapat dari sebagian masyarakat di sana bahwa bumi itu bulat.



Darimanakah orang tahu atau percaya bahwa bumi itu bulat, bukan datar? Menurut saya paling tidak pada tahun 700 an SM ( 2700 tahun lalu) sudah ada yg percaya bahwa bumi itu bulat. Pada sekitar tahun itu seorang nabi dari Bangsa Irael menulis sebuah kitab, yg mana di dalamnya ada tertulis kata2 bahwa bumi itu bulat. Itu tertulis di Pasal 40 ayat 22. http://sabdaweb.sabda.org/bible/chapter/?b=23&c=40&version=tb〈=indonesia&theme=clearsky


Setahu saya itulah sumber tertua yg bisa ditelusur dan dibuktikan bahwa manusia sudah tahu bumi itu bulat. Dan mungkin saja bahwa pada waktu itu orang belum tahu bahwa bumi itu bulat, dan justru tulisan nabi Yesaya itulah yg memberitahukannya. Karena sebelum tulisan itu tidak ada sumber lain dari naskah2 kuno yg mengindikasikan bahwa manusia sudah tahu bahwa bumi itu bulat.

Jadi Alkitab sudah tahu bumi bulat 2700 tahun lalu, dan Columbus membuktikannya 500 tahun lalu.

apakah itu benar???
Sutan Dijo

◄ Newer Post Older Post ►
 

© KOMPAS.WEB.ID Powered by Blogger